CLERK FROM HOME WAS FUN


This week marks the 4th week of my clerkhsip, Alhamdulillah sekarang aku sudah mau nyelesaiin stase penyakit dalam (cuma tinggal nungguin dr. Is untuk laporan kasus). 


Sebagai salah satu mahasiswa yang termasuk dalam angkatan pertama yang tidak bisa merasakan clerkship di rumah sakit, aku sedih tapi aku juga senang hehehehe. 
Kenapa sedih? karena kemarin aku dibully sama mas-mas jail wkwkwk, 
they said,
"Hiii.... jas DMnya belum bau rumah sakit"
"Hiii.... jasnya masih putih bersih"
 hm, terima kasih banyak. 

Selain itu juga, sebelum clerk aku sempet diceritain dan diiming-imingin oleh salah satu mbak-mbak (partner translate aku tercinta) dengan keseruan pengalamannya selama clerk, dia cerita kalau dia pernah ngerujuk pasien tengah malem dan pernah nulis resep buat pasien (walaupun masih ilegal hehe). wow keren gak sih!!!! dulu sebelum clerk, aku sering banget ngebayangin apa ya pengalaman seru yang akan aku alami pas clerk?

Ah ternyata.......pengalaman seru yang aku dapatkan saat clerk adalah duduk di meja belajar hampir seharian kemudian break hanya untuk sholat dan makan, menghadap laptop tanpa henti untuk ngerjian POMR-laporan kasus-referat *repeat* hingga tanpa sadar minus ku bertambah, cek HP beribu kali karena siapa tau tiba-tiba dosen pembimbing ngajak daring dadakan hingga tidur tidak tenang karena takut ga baca notifikasi. How fun my clership is! 



But I'm not the one who compliant a lot. Setiap baca twitter, aku selalu tersenyum melihat teman-temanku menuliskan keluh kesah mereka tentang keseruan clerknya. Iya dong, kalau gak seru pasti gak ada yang dikeluh kesahkan dong? mungkin aja kalau kita clerk di rumah sakit lalu jaga malam, pasti teman-temanku ini juga ramai di twitter berkeluh kesah tentang betapa ngantuknya mereka. Kita juga sama, walaupun di rumah aja, tapi tidur kita juga terganggu untuk menyelesaikan begitu banyaknya tugas dalam waktu seminggu. Selain itu, kalau dirumah sakit pasti ngerasain deg-degan anamnesis pasien beneran, nah clerk from home ini anamnesisnya gak kalah deg-degan karena yang dianamnesis itu pembimbing sendiri woy. Jadikan pasti ketauan banget bodohnya kalau tanya hal-hal yang gak nyambung. Oh iya dan juga ada hal yang bikin deg-degan banget dan cuma ada di clerk versi daring ini....yaitu pertama pas ditanyain sama pembimbing tiba-tiba suaranya putus-putus dan kedua tiba-tiba dapet notfikasi chat dan telfon yang banyak banget. Aku pernah ngerasain yang kedua ini, jadi ceritanya aku lagi stase obgyn. Dokternya ini janjiin daring jam 4, yaudah aku buka whatsapp di laptop ku karena dokternya selalu share link google meet di whatsapp. Terus aku liat jam "kok udah jam 4 lebih", aku mikir "ah mungkin dokternya masih ada urusan", lalu aku lanjut tungguin sambil liat youtube. Eh tiba-tiba jam setengan 5 kurang banyak banget notifikasi masuk dan temen-temen aku pada nelfon. Allahuma, bener-bener panik sampai tangan aku gemeteran pas coba masuk ke link google meet. Ternyata pas dokternya share link itu sinyal laptop ku lagi bermasalah. Tapi alhamdulillahnya, pas aku masuk itu masih doa pembuka dan dokternya gak marah. Alhamdulillah, berarti dapat disimpulkan bahwa clerk dari rumah masih tetap seru ya ahaahahah.

Apalagi nih yang merasakan clerk bersama dokter bedah yang kalau ngajar kayak stand-up comedy karena super lucu dan seru. Pasti tau sensasinya tidur gak nyenyak, bangun subuh tepat waktu buat ngecek notif apakah ada kuliah jam setengah 6, pas kuliah gak bisa leha-leha karena diwajibkan untuk bertanya dan memberikan sanggahan, kalau telat dapat tugas tambahan atau disuruh baca al-quran hahahahaha. Lucunya selalu kuliah sama dokter ini itu diajarin berbahasa indonesia yang baik dan benar, contohnya kemarin: PUS bacanya PES. Semua anak disuruh ngulangin satu satu, udah kayak belajar iqra’ disuruh ngulangin satu-satu biar hafal. Alhamdulillah dikasih pembimbing kayak gitu, kalau enggak mungkin aku gak dapat ilmu banyak. 

Aku bener-bener respect dengan dokter-dokter pembimbingku yang niat menyempatkan waktunya ditengah banyaknya kesibukan beliau-beliau untuk sekedar nyalain laptop, bikin link google meet, bikin kasus, karena banyak lo pembimbing di luar sana yang gak mau berusaha dan gak mau membimbing anak-anaknya lewat daring. Karena bagi mereka sistem pembelajaran kayak gini itu gak nyaman, rasanya kayak ngomong sendiri. 

Di lain sisi, ada nih orang yang seneng banget karena aku terpaksa di rumah untuk waktu yang lama, yaitu mama aku. Sekitar bulan Januari, mama ku itu udah nanya-nanya kapan aku sama adek bisa libur di waktu yang bersamaan, karena rencananya mamaku pengen ngajak kita sekeluarga untuk liburan. Tapi gak nemu-nemu tanggalnya. Dan ternyata alhamdulillah ada corona, yang mengumpulkan aku sekeluarga tanpa harus keluar kota untuk liburan hehehe. Bener-bener senengnya itu sampe sering banget ngomong "Ada hikmahnya juga corona ini...mama seneng banget bisa kumpul gini karena udah lama gak kumpul full-team" :) Alhamdulillah.

Comments

Popular Posts