LEARN SOMETHING NEW

Halo semuanya yang sedang membaca postingan ini! Lagi ngapain kalian?

Aku lagi nungguin dr. N join zoom, tapi sepertinya beliau masih sibuk. Dan, aku juga lagi men-cicil (?) apa sih bahasa indonesianya wkwkwkw, aku lagi mencicil transletan jurnal tapi lemot banget internetnya sehingga ku putuskan untuk menulis disini dulu hehehe.

Sebenernya sebelum koas, aku berangan-angan ingin rutin menulis di blog ini tentang keseharian ku menjadi dokter muda. Tapi sayang banget dari awal disumpah sampai detik ini aku sama sekali belum ke rumah sakit. Jadi keseharian ku sebagai dokter muda dirumah adalah bangun-cuci piring-mandi-belajar, kalau udah bosen nonton drama :D-makan- udah deh gitu aja wkwkwkwk, sangat membosankan. Terus tapi aku mikir kenapa aku nggak memanfaatkan waktu senggang yang diberikan oleh Allah ini dengan sebaik-baiknya? aku bisa banget nambah skill ini itu selama koas online ini. 

Alhamdulillahnya aku udah memulai beberapa hal baru. Sejak 1 minggu lalu aku mulai meniatkan diri untuk rutin berenang. Sebenernya berenang bukan olah raga favorit ku karena aku gak bisa berenang hahaha aku bisanya badminton. Tapi aku dulu pernah les berenang pas kelas 3 SD, terus sekarang aku lupa caranya berenang. Aku heran kok bisa ya lupa? Awal mulai belajar berenang lagi, aku nggak langsung belajar gerakan, tapi belajar pola nafas dulu. Tips supaya tidak menahan nafas di dalam air dan supaya lebih bisa tahan lama dalam air adalah pas masih di atas air, tarik nafas sebanyak-banyaknya~~~ lewat mulut. Lalu pas masukin kepala ke air, keluarin pelan-pelan lewat hidung. Jangan cepet-cepet ngeluarinnya! karena dengan mengehembuskan nafas pelan-pelan bisa lebih tahan lama di dalam air. Selama 1 jam aku ulangin latian nafas itu untuk membiasakan diri. Hari berikutnya, aku gak mau dong hanya latian nafas lagi, akhirnya aku berusaha belajar gerakan. Dengan bantuan pelatih handal (read: papaku), ternyata aku tau alasan kenapa aku gak bisa berenang gaya katak yang kepalanya bisa muncul dipermukaan wkkwkw, kalian bisa bayangin gak gayanya? Jadi ternyata gerakan tanganku yang salah. Harusnya supaya bisa kepalanya naik ke atas, tangannya digerakin seolah-olah lagi push-up. Nah kesalahanku adalah tanganku bergerak ke samping, jadi saat berusaha mengeluarkan kepala, aku kehilangan keseimbangan. Aku bener-bener salut sama orang yang bisa ngangkat kepalanya tinggi-tinggi, karena supaya kepalanya bisa terangkat setinggi itu perlu tangan yang kuat untuk mendorong. Akhirnya setelah aku tau kesalahanku, aku sudah bisa berenang dengan gaya yang aku kuasai saat kelas 3 sd dulu hehehe. 

Ternyata untuk bisa menguasai hal baru, yang pertama diperlukan adalah sikap gak punya malu. Aku sebenernya orang yang malu atau enggan banget memulai sesuatu yang baru. Termasuk nyobain tempat makan baru, atau menu baru. Nah di tempat berenang yang aku datengin, hampir semua orang udah bisa berenang. Tapi kali ini aku berusaha banget untuk enggak malu belajar dari hal yang sederhana. Selain itu, aku juga berkali-kali ngomong ke diri sendiri kalau aku pasti bisa dan nyemangatin untuk gak males-malesan supaya cepet bisa. Dan sangking kepengennya bisa berenang, setiap sujud aku berdoa, minta ke Allah supaya diberi kemudahan untuk bisa berenang wkwkwkwk. Alhamdulillahnya dalam 2 hari aku sudah bisa berenang dengan gaya yang pernah aku lupakan saat belajar kelas 3 SD dulu. 

Selain mulai berenang lagi, aku juga berkomitmen untuk mendedikasikan 1 jam ku setiap hari setelah sholat subuh untuk Quran-Journaling. Awalnya, aku tau Quran-journaling ini dari instagram. Saat itu aku tertarik dengan quran-journaling ini karena resolusiku di awal tahun 2020 adalah mempelajari tafsir al-quran, bukan sekedar bisa baca. Akhirnya setelah beberapa bulan menunda keinginan itu, aku memutuskan untuk beli buku yang khusus untuk quran-journaling. Sistem dari Quran-journaling ini pertama kita tulis ayat dan arti dari ayat yang ingin kita muhasabahi. Lalu, tulis kosa kata baru yang kita temuin, penjelasan ayat, refleksi diri dan doa yang sesuai dengan ayat itu. Nah karena kadang aku gak paham maksut dari ayat tersebut, pas muhasabah aku sambil dengerin penjelasannya Ustadz Nouman Ali Khan. MashaAllah! Quran-journaling ini manfaatnya sangat-sangat lebih banyak dari biasanya aku baca buku tentang self-healing, sekalipun bukunya best-seller. Kalian harus nyobain untuk resolusi tahun 2021, atau mulai dari sekarang aja :) 

Comments

Popular Posts