DO YOU MAKE VISION BOARD?

Ritual yang sudah aku lakuin selama 3 tahun terakhir dalam menyambut tahun baru adalah membuat vision board. Buat aku vision board adalah sebuah kompas yang disusun berdasarkan passion dan pencapaian yang ingin aku dapat dalam jangka waktu satu tahun ke depan. Menurut wikipedia, vision board atau papan mimpi adalah kumpulan gambar yang berisi penegasan dari impian dan keinginan seseorang, yang dirancang menjadi sumber inspirasi dan motivasi. 

Kenapa vision board ini panting buat aku? yang pertama, aku menyadari bahwa aku bukan tipe orang yang selalu memiliki tekad kuat atau pekerja keras dalam mencapai suatu hal. Kalau ada kesulitan, kadang hal itu bisa membuat aku berhenti di tengah jalan. Yang kedua, dari ketiga cara belajar, aku adalah seorang visualis. Dengan membuat vision board yang berisi gambar-gambar, aku lebih mudah untuk mengingat dan membuat motivasi untuk merealisasikannya tetap stabil.


Sebenernya aku malu men-share vision board ku karena nggak semuanya tercapai. Tapi aku ingin mengingatkan diriku sendiri bahwa nggak papa kalau semua belum tercapai, nggak papa kalau pencapaianku belum sempurna, yang penting aku sudah membuat progres. 

Progres yang paling membuat aku bangga adalah aku berhasil nurunin berat badan sebanyak 5 kg dalam waktu tiga bulan. Mungkin buat sebagian orang, nurunin berat badan adalah hal yang mudah. Tapi buat aku, punya bayangan bisa nurunin berat badan aja enggak. Aku pikir aku akan stuck di berat badan itu selama-lamanya. Selain berat badan ku turun, sekarang aku jadi lebih tau apa yang harus lakuin kalau aku pengen nurunin berat badan, karena setiap orang punya caranya masing-masing yang cocok untuk badan mereka sendiri. 

Selain itu, aku juga menempelkan gambar al-qur'an. Aku nggak tau secara pasti apa yang ingin aku capai bersama Al-qur'an, intinya aku ingin lebih sering membaca Al-qur'an. Dan Alhamdulillah, keinginan itu dipermudah oleh Allah. Untuk pertama kalinya aku bisa khatam Al-qur'an sendirian saat bulan ramadhan, walaupun cuma khatam sekali. Tapi dalam proses khatam itu, aku melakukan sesuatu yang jarang banget aku lakuin, yaitu konsisten. Sering kali aku menjadi unmotivated saat berjalan menuju tujuanku, dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Tapi Alhamdulillah, Allah bener-bener memberikan kemudahan supaya aku tetap konsisten. 


Ini adalah sistem yang aku pakai untuk bisa khatam al-qur'an dalam 30 hari (sebenernya ini nggak pas 30 hari, karena aku mempertimbangkan 7 hari untuk haid). Dengan sistem seperti ini aku lebih disiplin, karena aku dituntut untuk menyelesaikan bacaan yang sudah ditargetkan supaya bisa mencoret satu kotak.  Mencoret satu kotak menghasilkan kepuasaan tersendiri. Nah maka dari itu, aku berkompetisi dengan rasa malasku untuk mencoret semua kotak yang sudah aku buat tanpa ada yang terlewat. Dari perhitungan yang sudah aku buat, aturannya adalah setiap selesai solat aku harus membaca 6 halaman beserta artinya. 

Seperti kata pepatah "sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui", selain mengisi Ngaji log dan Solat log itu, keinginan ku untuk journaling juga terlaksana. Awalnya aku rajin menulis di journal yang aku beli, tapi lama-kelamaan aku malas untuk menulis di kertas. Akhirnya aku memilih untuk menuliskannya di note hp, karena lebih cepat, rapi, dan mudah kalau mau menambahkan gambar. 

Untuk keinginan ku lainnya yang ada di vision board, Alhamdulillah belum terealisasi. Usaha yang bisa aku lakuin adalah berdoa dengan keyakinan penuh bahwa Allah akan mengabulkan, tapi di saat yang tepat. 

Di tahun 2021 ini aku membuat vision board baru yang lebih beragam dan aku mencoba untuk lebih berani menempelkan gambar keinginanku yang mungkin kurang realistis atau jauh dari kemampuan ku. Tapi siapa tau kan kalau aku bisa mencapainya? walau mungkin aku nggak sepenuhnya mencapai keinginan itu, aku akan tetap puas dengan progres yang aku buat. 

Untuk siapapun yang ingin membuat vision board untuk 2021, belum terlambat kok. Kita bisa mulai dengan menuliskan apapun keinginan untuk satu tahun kedepan. Tips dari aku adalah jangan hanya menulis keinginan yang mudah dicapai, keinginan sebesar apapun itu tulis aja! Kedua, be spesific. Jangan hanya nulis "aku ingin olahraga", tapi tulis olah raga yang pengen kita dalami, mungkin renang, jogging, badminton, atau ikut chloe thing challange. Ketiga adalah bikin perencanaan yang realistis. Misalkan kita pengen konsisten jogging tapi kita sebelumnya belum penah jogging, maka bikin goal untuk seminggu kita harus lari selama 10 menit. Kalau kita sudah kuat selama 10 menit, untuk minggu depannya lagi bisa kita tingkatin menjadi 20 menit. Terakhir adalah berdoa supaya kita diberi kemudahan untuk merealisasikan keinginan kita oleh Allah. 

Comments

Popular Posts